Profesi Bidang Pemasaran

Secara umum, arti profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pengetahuan atau keterampilan khusus, sehingga orang yang memiliki pekerjaan tersebut harus mengikuti beberapa pelatihan agar dapat melaksanakan pekerjaannya dengan baik.
Orang-orang yang bekerja di bidang tertentu biasanya disebut profesional, yaitu seseorang yang memiliki pengalaman teknis di bidang tertentu. Misalnya dokter, arsitek, pengacara, akuntan, tentara, desainer, dll.
Lalu bagaimanakah profesi bidang pemasaran ?

Ternyata Profesi marketing sangatlah penting pada sebuah perusahaan karena jika suatu perusahaan tidak ada seorang marketing maka perusahaan itu akan mengalami kebangkrutan, karena seorang marketing memiliki peranan penting agar seuatu perusahaan bisa berkembang dengan baik.
Berikut adalah jenis-jenis pekerjaan di bidang marketing
1 Brand Marketing
Pekerjaan di bidang ini fokus pada menjaga public image yang dimiliki suatu perusahaan agar terus baik di hadapan masyarakat. Kemampuan yang dibutuhkan adalah komunikasi yang baik, public relations (hubungan masyarakat), serta brand management.
2 Product Marketing
Pekerjaan yang dilakukan seputar bagaimana suatu produk, layanan atau perusahaan dipromosikan. Maka dari itu, kamu perlu menguasai perencanaan strategi serta cara komunikasi yang baik.
3 Digital Marketing
Pekerjaan meliputi pemasaran yang dilakukan di ranah digital Contohnya adalah Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM) Social Media Marketing, dan lainnya. Kemampuan yang dibutuhkan ada beragam. Tapi, semuanya memiliki kesamaan, yakni pemahaman tinggi seputar platform yang digunakan serta tren yang sedang ada di masyarakat.
4 Content Marketing
Pemasaran yang dilakukan adalah lewat pembuatan konten yang relevan bagi calon pelanggan. Untuk melakukan ini, kamu harus memiliki kemampuan dalam pembuatan konten, kemampuan menulis yang andal, serta cara komunikasi yang baik.
5 Graphic Designer
Pekerjaan yang dilakukan meliputi pembuatan desain atau konten visual untuk mendukung proses pemasaran. Umumnya, para graphic designer wajib menguasai aplikasi desain dan memiliki referensi yang tinggi terkait konten visual.
Sumber :
Devie Puspitasari, Dasar dasar Pemasaran, Kementerian Pendidikan,Kebudayaan Riset dan Teknologi Jakarta, 2021