Latihan soal strategi bauran pemasaran

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar

1 Apa definisi pemasaran?
2 Apa yang menjadi tugas pemasaran?
3 Apa definisi manajemen pemasaran?
4 Apa definisi bauran pemasaran?
5 Sebutkan 7 elemen bauran pemasaran
6 Apa definisi product?
7 Apa definisi price?
8 Apa definisi promotion?
9 Apa definisi place?
10 Apa definisi Personal traits?
11 Apa definisi Process?
12 Apa definisi Physical evidence?
13
14
15

Kunci jawaban

1

Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain (Ngadiman, 2008:1:13)

2

Pemasaran mencakup banyak kegiatan, mulai dari riset pemasaran, pengembangan produk, distribusi, periklanan, dan kegiatan pemasaran lainnya.

Pemasaran memadukan beberapa kegiatan yang dirancang untuk melayani dan memenuhi kebutuhan konsumen dalam upaya mencapai tujuan perusahaan

3

Manajemen pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan

4

Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran (Kotler, 2005:17)

5

Bauran pemasaran terdiri atas segala sesuatu yang dapat dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan produknya, kemungkinan-kemungkinan itu dapat dikelompokkan menjadi empat kelompok variabel yang dikenal dengan “empat P”, yaitu : product, price, promotion dan place. (Kotler, 2005:17)

Untuk keperluan komunikasi dengan dan pemuasan konsumen jasa dilakukan sejumlah penyesuaian untuk pemasaran jasa ada elemen elemen lain yang bisa dikontrol dan dikoordinasikan. Elemen elemen tersebut adalah personal trait, process dan physical evidence.(Yasid, 2001:19 dalam Rambat l dan A hamdani, 2008:156).

Bauran pemasaran terdiri atas adalah 7 P, yaitu : 1. P1= product; 2. P2= Price; 3. P3 = promotion; 4. P4 = Place; 5. P5 = Personal traits; 6. P6 = process; dan 7. P7 = physical evidence.

6

Produk merupakan keseluruhan konsep objek atau proses yang memberikan sejumlah nilai kepada konsumen. Yang perlu diperhatikan adalah konsumen tidak hanya membeli fisik dari produk itu saja tetapi juga membeli manfaat dan nilai dari produk tersebut.

Total produk terdiri atas : a. produk inti ( core produk ), merupakan fungsi inti dari produk tersebut; b. produk yang diharapkan (expected product); c. produk tambahan (augmented product); dan d. produk potensial (potensial product). (Rambat l dan A. Hamdani, 2008:70)

7

Harga yang ditetapkan untuk suatu produk yang dihasilkan akan menjadi dasar penawaran untuk target pasar tertentu. Penetapan harga akan dipengaruhi oleh tujuan perusahaan, tingkat persaingan di pasar, biaya operasional dan factor ektern seperti kondisi perekonomian.

Dalam menetapkan harga harus memperhatikan factor factor : a. berorientasi pada biaya (account-cost oriented); b. beorientasi pada permintaan pelanggan (customer-demand oriented); c. berorientasi pada persaingan (competition oriented). (Rambat l dan A. Hamdani, 2008:156).

8

Promosi pada hakekatnya adalah semua kegiatan yang dimaksudkan untuk menyampaikan atau mengkomunikasikan suatu produk kepada pasar sasaran, untuk memberi informasi tentang keistimewaan, kegunaan dan yang paling penting adalah tentang keberadaannya, untuk mengubah sikap ataupun untuk mendorong orang untuk membeli

9

Place adalah suatu strategi yang menentukan dimana dan bagaimana kita menjual suatu produk tertentu. Yang terpenting dalam strategi ini adalah menetapkan lokasi, distributor atau outlet dimana konsumen dapat melihat dan membeli barang yang ditawarkan itu. Place dalam elemen bauran pemasaran adalah lokasi. Lokasi merupakan keputusan organisasi mengenai tempat operasinya dengan semua kegiatan kegiatan dari organisasi.

10

Kualitas jasa yang ditawarkan sangat tergantung pada kualitas hubungan antara pembeli dan penjual. Personal traits adalah pramuniaga, sales, orang yang berkomunikasi dengan pelanggan. Mutu pelayanan pemberi jasa akan menentukan kualitas jasa perusahaan dan antar pengguna jasa tersebut akan mempengaruhi pembelian sekarang dan kemudian. Personil bagi pemasaran jasa adalah sangat penting, keberhasilan memasarkan suatu jasa berkaitan erat dengan seleksi, pelatihan, motivasi dan manajemen personalia.

11

Proses adalah meliputi mekanisme pelayanan, prosedur, jadwal kegiatan serta rutinitas dengan apa suatu produk atau jasa diberikan kepada pelanggan. Menurut payne (1993;168), proses menciptakan dan memberikan jasa kepada pelanggan merupakan factor utama dalam marketing mix karena pelanggan jasa akan memandang system pemberian jasa tersebut sebagai bagian dari jasa itu sendiri. Jadi semua kegiatan pekerjaan adalah merupakan proses. Proses ini meliputi mekanisme pelayanan, prosedur, jadwal kegiatan serta rutinitas dengan apa suatu produk atau jasa diberikan kepada pelanggan.

12

Yang dimaksud dengan physical evidence atau lingkungan fisik dari perusahaan jasa adalah tempat dimana jasa diciptakan dan dimana pemberi jasa dan pelanggan berinteraksi, apabila dilakukan dengan baik dapat membantu positioning dari perusahaan jasa dan dapat memberikan dukungan yang penting bagi pelayanan jasa. Physical evidence ini mempengaruhi persepsi penerima jasa atau kualitas jasa yang ditawarkan perusahaan

13
14
15

Sumber :

  • Ngadiman, 2008. Marketing untuk SMK Jilid 1, Jakarta, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional
  • Kotler, philip, and Kevin lane Keller, 2006, Marketing management 12e, pearson international edition, upper saddle river, new jersey : Pearson Prentice Hall. Inc.
  • Rambat lupiyadi, A hamdani, 2008. Manajemen pemasaran jasa edisi 2, jakarta, salemba empat
  • Tjiptono, Fandy, 1998. Manajemen jasa, Yogyakarta : Andi