kh08m.com

belajarlah tiap hari untuk peningkatan diri
Ads

Workshop penyusunan dokumen

Hari ini Sabtu tanggal 01 Agustus 2015, mengikuti kegiatan workshop penyusunan dokumen kurikulum dan implementasi bk workshopkurikulum 2013 yang dilaksanakan di Graha Wiyata Bhakti, Aula SMKN 1 Panji. Kegiatan dilaksanakan mulai jam 08.00 s.d 17.00 dengan agenda: Pembukaan, Penyusunan dokumen kurikulum 2013, Pembuatan perangkat Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013, Evaluasi dan sistem penilaian pembelajaran kurikulum 2013, dan penutupan.
Ketua panitia menjelaskan bahwa dokumen kurikulum terdiri atas 3 buku dengan tanggung jawab berbeda: (1) dokumen I terdiri atas visi, misi, tujuan umum, tujuan sekolah dan tujuan jurusan menjadi tanggung jawab kepala sekolah; (2) dokumen II terdiri atas SK, KD dan Silabus adalah tanggung jawab dinas pendidikan; dan (3) dokumen III terdiri atas RPP merupakan tanggung jawab guru.
Dr. Fathor Rahman Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Situbondo, beliau mengatakan pada pembukaan Workshop “baik buruknya bangsa Indonesia sangat tergantung pada dunia pendidikan”. Lebih lanjut mengatakan guru yang baik adalah guru yang menguntungkan siswa.

Drs. Handerpati Bailly, M.Pd pengawas SMK dinas pendidikan propinsi jawa timur bidang dikmenjur dan perti, memberikan informasi tentang isi yang harus ada di dokumen kurikulum dan harus divalidasi dahulu oleh kepala dinas pendidikan kabupaten dan kepala dinas pendidikan propinsi sebelum dokumen tersebut diberlakukan.

Struktur dikembangkan berdasarkan kebutuhan peserta didik dan potensi sumber daya sekolah dalam mewujudkan(SKL-No 54/2013); (SI- No 64/2013) dan (KI/KD- No 60/2014) Satuan pendidikan SMK.( materi ) 

Dalam pembahasan Cara mudah membuat perangkat pembelajaran kurikulum 2013 Dr.R Wakhid Akhdinirwanto, M.Si mengatakan: Guru yang baik adalah guru yang memiliki kemampuan profesional dan juga memiliki kemampuan spiritual dan emosional (kepribadian dan sosial) yang prima pula.

Guru harus memiliki kemampuan dalam melaksanakan proses pembelajaran, yaitu: (1) kemampuan merencanakan program pembelajaran, (2) kemampuan mengelola proses pembelajaran, dan (3) kemampuan melaksanakan evaluasi dan tindak lanjut.

Dalam satuan pembelajaran tercantum secara nyata mengenai: (1) materi pembelajaran beserta sumbernya yang terkait, (2) tujuan pembelajaran, (3) Waktu pembelajaran, (4) Bentuk pembelajaran dan alat bantu pembelajaran, dan (5) program penilaian.

Untuk mempersiapkan pembelajaran tersebut, harus tahu : (1) Kalender Pendidikan, (2) Program Tahunan, (3) Program Semester, (4) Rincian minggu Efektif, (5) Silabus Pembelajaran, (6) Kriteria Ketuntasan Minimal, (7) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (8) Pelaksanaan Pembelajaran, (9) Hasil Pembelajaran. ( materi ) 

Post Metadata

Date
Agustus 1st, 2015

Author
admin

Category


Leave a Reply