kh08m.com

belajarlah tiap hari untuk peningkatan diri
Ads

Sosialisasi revisi instrumen penilaian kinerja guru

sosialisasi pkgSosialisasi revisi pedoman pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PKG) pada buku 2 dilaksanakan pada Hari Rabu Tanggal 18 Desember 2013 di ruang Wakil Kepala Sekolah yang dhadiri oleh tim PKG jam 08.30 s.d 12.00 WIB. “Instrumen yang  sudah direvisi ini lebih memudahkan kita dalam melaksanakan tugas, kita hanya mencontreng di kolom ya atau tidak” kata Waka Ketenagaan Drs. Puji Santoso, M.MPd. Beliau juga menjelaskan bahwa sudah sosialisasi pada guru guru  pada hari senin tanggal 16 Desember 2013.

Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PKG) di sekolahku dilaksanakan bulan Oktober 2013, diawali dengan sosialisasi pada beberapa orang guru senior yang kemudian dibentuk menjadi tim PKG dan dibentuk dengan surat keputusan kepala sekolah, hal ini untuk menjamin kelancaran pelaksanaan PKG.

Tim PKG terdiri atas 15 orang, masing masing orang kebagian menilai kinerja guru maksimal 10 orang dari 121 orang guru yang ada di sekolahku. Dasar penunjukan tim PKG, penilai guru adalah guru yang mempunyai pangkat / golongan diatasnya atau sama. 2 orang menilai 13 orang dan 13 orang penilai masing masing menilai 8 orang guru.

Sebelum revisi, instrumen penilaian terdiri dua lembar, yaitu lembar pertama berisi catatan sebelum pengamatan dan lembar kedua berisi catatan selama pengamatan. Catatan sebelum pengamatan berupa daftar dokumen terdiri 18 dokumen perangkat mengajar dari persiapan sampai dengan penilaian seperti kalender pendidikan, program tahunan, program semester, silabus, rpp sampai dengan catatan guru. Cara menilai dengan mencontreng kolom dengan skor 0, 1, 2, 3 dan 4.

Sedangkan catatan selama pengamatan penilai menulis pada tempat yang disediakan. Catatan yang ditulis adalah a. hasil pengamatan, b. Saran dan tindak lanjut yang diperlukan. Hasil pengamatan, penilai diwajibkan menulis apa saja yang dilakukan guru selama dua jam pelajaran. Menulis kegiatan gurumulai salam mulai pelajaran sampai dengan salam mengakhiri pelajaran, kecuali apabila guru mengajar lebih dari 2 jam pelajaran maka cukup 2 jam pelajaran saja.

Setelah revisi, instrumen penilaian terdiri atas 14 item mulai dari guru memformulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum / silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik sampai dengan guru memanfaatkan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya. Terdapat 7 kolom yaitu (1) nomor, (2) tugas utama / indikator kinerja guru, (3) hasil analisis kajian atau kesimpulan dari data / bukti-bukti / dokumen dan / atau catatan hasil pengamatan, (4 dan 5) butir penilaian indikator kinerja guru, (6) hasil penilaian ya, (7) hasil penilaian tidak. Penilai tinggal mencontreng dikolom ya atau tidak. Dibawah setiap item terdapat rubrik penilaian dan dibawah seluruh item terdapat rubrik total penilaian.

Wakil Kepala Sekolah Urusan Ketenagaan mengisi acara ini  selain sosialiasi juga evaluasi kegiatan PKG yang telah dilaksanakan mulai bulan Oktober 2013. Setiap guru penilai mengungkapkan kendala yang dialami dan permasalahan dari guru yang dinilai. Program penilaian akan dilaksanakan lagi dimulai sekitar awal pebruari 2014 dengan antisipasi guru yang hanya mengajar tingkat XII.

Post Metadata

Date
Desember 19th, 2013

Author
admin

Category


Leave a Reply