kh08m.com

belajarlah tiap hari untuk peningkatan diri
Ads

Sosialisasi Penilaian Mata Pelajaran Tingkat X Tahun Pelajaran 2013/2014

sosialisasi kurRaport tingkat X (sepuluh) untuk semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 dibagikan pada tanggal 11 Januari 2014, informasi ini yang disampaikan Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum dalam  “Sosialisasi penilaian mata pelajaran tingkat  x tahun pelajaran 2013/2014” yang dilaksanakan pada hari senin tanggal 16 Desember 2013. Koordinasi dihadiri oleh guru guru pengajar tingkat  x yang memakai kurikulum 2013.

Sosialisasi perlu dilakukan karena ada perbedaan dalam penulisan dalam raport, dimana sebelumnya hanya satu nilai sedangkan sekarang ada 3(tiga) nilai, yaitu: 1. Pengetahuan, 2. Ketrampilan, dan 3. S3 ( sikap, sosial dan spiritual). Nilai yang harus disetorkan adalah nilai antara 1 sampai dengan 100 yang nantinya akan dikonversikan oleh admin kurikulum menjadi 1, 2, 3 dan 4 dengan formula dalam program microsoft excel, demikian juga dengan diskripsi yang harus ditulis cukup tiga diskripsi yang bermuatan pengetahuan, ketrampilan dan s3 sedangkan terjemahan dari 1, 2, 3 dan 4 memakai program microsoft excel.

Perubahan penilaian ini berdasarkan diberlakukan Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Nomor 54 tahun 2013 Tentang Standar kompetensi lulusan pendidikan dasar Dan menengah dan tidak berlakunya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan.

Berdasarkan permendikbud nomor 54 tahun 2013 untuk  kompetensi lulusan SMA / MA / SMK / MAK / SMALB / Paket C, yang dimaksud dengan pengetahuan adalah memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,  kenegaraan,  dan  peradaban  terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian. Sedangkan keterampilan adalah  memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri. Dan sikap adalah memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

Perubahan yang lain terkait raport adalah cara penulisan raport yaitu raport ditulis dengan ketikan, selama ini ditulis dengan tangan oleh wali kelas. Penulisan raport memakai ketikan hal ini karena raport satu orang siswa dalam satu semester sebanyak 12 halaman.

Post Metadata

Date
Desember 16th, 2013

Author
admin

Category

Tags


Leave a Reply