kh08m.com

belajarlah tiap hari untuk peningkatan diri
Ads

segmentasi pasar

tas sekolahSetelah membaca ini, Anda bisa menulis produk yang Anda jual dan calon pembeli produk Anda.

Minggu kemarin sudah membuat kelompok dengan nama perusahaan dan produk yang dijual. Dalam satu kelompok terdiri atas 7 orang anggota. Masing masing anggota wajib menjual minimal 2 produk. Baik nama perusahaan maupun nama produk kelompok bebas menentukan.

Sekarang yang menjadi pembahasan adalah siapa yang menjadi calon pembeli dari produk yang anda jual. Anda  mungkin akan mengatakan konsumen atau masyarakat. Masyarakat mana? Anda mungkin akan menjawab masyarakat Situbondo.

Agar calon pembeli lebih mudah dibedakan, pelayanan kepada pembeli menjadi lebih baik, dan Strategi pemasaran menjadi lebih mengarah maka kita perlu membagi bagi pasar (calon pembeli) dari yang heterogen (umum) menjadi homogen ( mempunyai persamaan).

Pembagian pasar dapat dilakukan atas dasar geografis, demografis serta psikografis. Membagi segmen pasar secara geografis artinya pengelompokan konsumennya didasarkan atas tempat, lokasi dan daerahnya. Segmentasi berdasarkan demografi adalah berkaitan dengan masalah kependudukan seperti : faktor usia, jenis kelamin, besarnya keluarga, pendidikan, siklus kehidupan rumah tangga, suku bangsa, pekerjaan, sosial ekonomi, agama dan suku. Segmentasi berdasarkan psikografis merupakan segmentasi pasar berdasar atas ciri-ciri kepribadiannya seperti : kelas sosial, gaya hidup,   kepribadian.

Misalnya, Anda yang menjual produk “tas”. Siapa yang menjadi calon pembeli tas? Apakah masyarakat Situbondo, Pelajar, Pegawai? Ingat Anda hanya menjual 2 jenis produk. Salah satunya adalah tas. Apakah sama tas yang dibutuhkan masyarakat Situbondo secara umum, pelajar dan pegawai? Tentu tidak. Tas yang dibutuhkan pegawai dan pelajar juga tidak sama. Bahkan tas yang dibutuhkan sesama pelajar juga tidak sama. Pelajar dari PAUD, TK, SD, SLTP, SLTA tidak sama. Anda boleh menentukan tas yang anda jual calon pembelinya adalah misalnya pelajar tingkat SLTA.

Kalau anda sudah menentukan bahwa calon pembeli tas anda adalah pelajar SLTA, sekarang bagaimana melayani kebutuhan pelajar SLTA. Kotler dan Keller (2008 : 214) mengungkapkan  bahwa,  perilaku konsumen dapat ditinjau dari berbagai sisi, karena perilaku membeli mereka sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor kebudayaan,  sosial,  pribadi,  dan psikologis,  dimana  sebagian  besar faktor  ini  tak  terkendalikan  oleh pemasar, termasuk di dalamnya gaya hidup konsumennya.

Silahkan membuat model tas yang paling disukai oleh pelajar SLTA Situbondo. Dalam memenuhi kebutuhannya, konsumen selalu menginginkan empat hal penting yaitu kualitas barang yang bagus, harga yang terjangkau serta pelayanan yang baik dan memuaskan serta ketepatan waktu. Dari keempat hal tsb yang sangat dominan adalah perihal pelayanan.

Jangan lupa dalam produk dicantumkan spesifikasi produk. Misalnya bahan yang digunakan untuk pembuatan produk, komposisinya, manfaat atau kegunaan produk, cara memelihara dan berapa lama pemakaian produk tersebut serta harga produk.

Dengan adanya Anda sudah menentukan calon konsumen produk Anda, yaitu produk tas dengan “tipe T51” calon pembeli produk trsebut adalah pelajar SLTA, dengan demikian strategi pemasaran yang direncanakan dapat lebih mengarah. Perusahaan dalam menyusun marketing mix yang meliputi perencanaan produk, harga, distribusi dan promosi tas dengan tipe T51 menjadi lebih tajam

Bacaan :

Ngadiman, Marketing SMK Jilid 2, Ditpsmk, 2008

Unud-431-37335989-publikasi ilmiah isi.pdf

Post Metadata

Date
Februari 10th, 2014

Author
admin

Category


Leave a Reply