kh08m.com

belajarlah tiap hari untuk peningkatan diri
Ads

Pelatihan calon dosen pendamping

Belajar itu menyenangkan hati dan pikiran. Ini aku alami beberapa hari ini bersama 77 orang lainnya dari Situbondo, Sidoarjo, Nganjuk dan Temanggung di Aula Soetrisno Widjaja kampus Politeknik Negeri Jember. Tepatnya hari kamis s.d minggu tanggal 27 s.d 30 September 2012.

Bagaimana tidak menyenangkan karena materi pertama yang diberikan adalah pendidikan soft skill. Dimana soft skill antara lain adalah inter-personal-skill yang berisi : Berkomunikasi, Membangun Hubungan, Memotivasi, Memimpin, Self Marketing Skill, Negotiation Skill, Presentation Skill, Public Speaking Skill. Setelah dipahami dan diresapi yang terus kita terapkan ternyata  semua jadi gampang.

 Pelatihan ini merupakan program PEKERTI, yang diselenggarakan sejak tahun 1993, ditujukan untuk dosen pemula agar menguasai konsep-konsep dasar dalam pembelajaran dan memiliki kemampuan mengajar yang memadai. Bahan ajar PEKERTI-AA yaitu stategi peningkatan kualitas pendidikan tinggi, pendidikan sebagai system, teori belajar dan motivasi, model model pembelajaran inovatif, pembelajaran orang dewasa, taksonomi tujuan instruksional, dasar dasar komunikasi dan ketrampilan dasar mengajar, desain instruksional, GPPP dan SAP, hakikat metode instruksional, metode pemberian tugas, team teaching, praktikum, media sederhana, penilaian hasil belajar dan praktik mengajar.

Yang berbeda dengan pelajaran sebelumnya terutama ada materi “pembelajaran orang dewasa”. Pendidikan orang dewasa (buku 1.05 PEKERTI) merupakan proses ketika seseorang, dalam waktu tertentu, mengikuti pendidikan secara teratur berdasarkan pada kebutuhannya untuk memecahkan masalah diri sendiri atau masyarakat karena adanya perubahan-perubahan informasi, pengetahuan, atau ketrampilan, penghayatan dan sikap.

Pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan : meletakkan landasan system perencanaan proses administrasi pembelajaran baik perkuliahan dan praktikum program studi di luar domisili agar proses pelayanan pembelajaran dapat terarah, focus, efisien, produktif dan sustainable; mengembangkan manajemen pembelajaran dan penjaminan mutu pendidikan pada program studi di luar domisili; terselenggaranya program peningkatan mutu akademik dan sumber daya manusia serta terpenuhinya standar pembelajaran  program studi di luar domisili sesuai prosedur melalui kegiatan yang terencana dan teratur.

Anda ingin jadi Pendidik? informasi pendaftaran  peserta program pendidikan calon pendidik akademi komunitas gelombang II silahkan klik disini atau disini

Post Metadata

Date
September 28th, 2012

Author
admin

Category

Tags

Leave a Reply