kh08m.com

belajarlah tiap hari untuk peningkatan diri
Ads

Menjelang Ujian

Tradisi setiap menjelang ujian, akan terlihat pemandangan seperti pada fotho disamping. Siswa mengerubuti wali kelas untuk membayar sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) atau ada istilah lain iuran rutin dan iurang insidental. Entah apa penyebabnya mengapa siswa tidak membayar spp kalau tidak ditagih, terutama melalui menjelang ujian.

Pembayaran spp dari siswa kepada wali kelas ketika bersamaan dengan ujian, dilaksanakan pagi hari sebelum pelaksanaan ujian. Ujian dilaksanakan pada jam 07.30 wib sedangkan pembayaran spp dilaksanakansebelum jam 07.30 wib

Penarikan uang melalui menjelang ujian dengan cara yang bagus. Hari pertama siswa dibiarkan saja meskipun tidak pakai eblek atau tanda peserta ujian. Eblek diberikan kepada siswa yang telah melunai spp sampai bulan tertentu, sehingga  yang belum lunas spp tidak diberi eblek. Kalau hari kedua belum punya eblek, maka siswa tersebut disuruh keluar ruang ujian untuk menghadap wali kelas di ruang guru.

Apa yang dilakukan wali kelas kepada siswa yang belum dapat eblek? Siswa disuruh duduk kemudian ditanya mengapa tidak melunasi spp. Tentu saja alasannya  tidak  mempunyai uang untuk melunasi spp, dengan berbagai alasan. Langkah selanjutnya wali kelas mengeluarkan surat yang sudah disiapkan untuk diberikan kepada orang tuanya. Surat yang isinya mengundang orang tua ke sekolah, tujuannya untuk konfirmasi. Apa benar yang dikatakan putra atau putrinya sehingga belum melunasi spp, kalau benar kapan kira2 bisa melunasi.

Konfirmasi kepada orang tua dilakukan untuk mengecek kebenaran apa yang disampaikan siswa. Siswa seringkali berbohong, dari orang tua sudah diberikan namun tidak dibayarkan kepada sekolah dengan berbagai kepentingan anak muda.

Ketika orang tua datang ke sekolah, dipersilahkan duduk kemudian dimintai konfirmasi berkaitan dengan pernyataan putra atau putrinya. Selanjutnya orang tua disodori surat pernyataan yang isinya kapan bersedia melunasi kewajiban spp putra atau putrinya.

Setiap sekolah punya cara tersendiri untuk menghadapi ujian. Apa yang dilakukan sekolah dimana aku bekerja untuk menyiapkan siswa menghadapi ujian?. Sekolah punya target “Nilai mata pelajaran yang diujinasionalkan mencapai nilai 7,00 sebanyak 60% siswa”. Strategi apa yang dilakukan sekolah untuk mencapai target? Strategi yang dilakukan sekolah untuk mencapai target adalah ada tiga macam, yaitu: memberikan tambahan jam, melaksanakan 5 kali trayout, dan Istighosa.

Sebelum melaksanakan kegiatan, sekolah koordinasi dengan orang tua wali murid kelas XII atau kelas 3. Dukungan orang tua sangat penting baik dana mapun pengawasan orang tua kepada siswa, terutama motivasi orang tua kepada putra putrinya.

Tambahan jam dilaksanakan mulai bulan november setiap hari selama 4 x 40 menit setelah jam pelajaran, tentu saja siswa diberi kesempatan untuk istirahat, sholat dan makan (isoma) dulu. Sedangkan tryout merupakan latihan ulangan, menjawab soal soal yang mirip dengan atau prakiraan yang keluar pada ujian yang akan datang. Disamping latihan mengerjakan soal siswa latihan bagaimana cara menulis jawaban di lembar jawaban.

Istighosa adalah berdoa bersama. Siswa diajak berdoa. Istighosa dilakukan dengan dua model yaitu istighosa per program keahlian dan akbar. Istighosa per program keahlian dilakukan dimulai sejak bulan februari setelah sholat jumat dengan jadwal tertentu. Istighosa akbar dilakukan satu atau dua minggu sebelum ujian nasional, yang diikuti seluruh siswa, guru dan tenaga administrasi sekolah.

Apa ujian itu? Istilah yang ada di sekolah ada 2 macam yaitu ulangan dan ujian. Yang termasuk ulangan adalah ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas. beberapa, antara lain ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ujian kompetensi keahlian, ujian akhir sekolah, ujian nasional.

Apa ulangan itu? Menurut standar penilaian pendidikan “Ulangan adalah proses yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran, untuk memantau kemajuan, melakukan perbaikan pembelajaran, dan menentukan keberhasilan belajarpeserta didik”.

Sedangkan yang dimaksud ulangan harian adalah kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu Kompetensi Dasar (KD) atau lebih.  Dan yang dinamakan Ulangan tengah semester adalah kegiatan yang

dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8 –9 minggu kegiatan pembelajaran. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut. Serta yang dinamakan Ulangan akhir semester adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.

Diamping itu yang tidak kalah pentingnya adalah ulangan kenaikan kelas. Yang dimaksud Ulangan kenaikan kelas adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik diakhir semester genap pada satuan pendidikan yang menggunakan sistem paket. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester tersebut.

Ujian sekolah/madrasah adalah kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi peserta didik yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar dan merupakan salah satu persyaratan kelulusan dari satuan pendidikan. Matapelajaran yang diujikan adalah mata pelajaran kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak diujikan dalam ujian nasional dan aspek kognitif dan/atau psikomotorik kelompok matapelajaran agama dan akhlak mulia serta kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian yang akan diatur dalam POS Ujian Sekolah/Madrasah.

Ujian Nasional yang selanjutnya disebut UN adalah kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi peserta didik pada beberapa mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka menilai pencapaian Standar Nasional Pendidikan

Post Metadata

Date
Maret 22nd, 2012

Author
admin

Category

Tags

Leave a Reply