kh08m.com

belajarlah tiap hari untuk peningkatan diri
Ads

konsep pemasaran on-line

Konsep Pemasaran Online (Online Marketing)
kpo

1. Pengertian Marketing Online
Pemasaran online sering disebut Internet marketing, e-marketing atau online-marketing merupakan segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www (World Wide Web).

2. Manfaat Pemasaran Online
a. Melakukan perubahan dengan cepat.
Kita dapat langsung memperbaiki atau mengubah baik grafis maupun kata-kata ketika terjadi kesalahan pemasangan iklan atau segala kegiatan pemasaran yang tidak bekerja dengan baik, dan melakukan itu semua dengan cepat dan tanpa ada masalah.

b. Menentukan sasaran demografis tertentu.
Pemasaran online memungkinkan untuk menargetkan demografis tertentu seperti halnya jenis kelamin, usia, dan lokasi. Kita bahkan dapat menargetkan tingkat pendapatan tertentu, tingkat pendidikan dan pekerjaan.

c. Banyak media pilihan.
Begitu banyak media pilihan ketika memutuskan untuk melakukan pemasaran online, dapat menggunakan suara, video, blogging, su, media sosial dan newsletter yang sedang berlangsung.

d. Penghubung yang efektif antara pemasar dengan konsumen.
Dalam hal ini ada dua pihak yang diuntungkan, yaitu pihak konsumen dan pihak pemasar (baik penjual produk maupun produsennya langsung). Keuntungan dari pihak konsumen adalah kemudahan dalam memperoleh informasi mengenai produk yang mereka cari. Hanya dengan mengetikkan kata kunci tertentu di kolom mesin pencari di internet yang berkaitan dengan produk yang dicari, maka mereka akan disajikan banyak informasi, baik mengenai product knowledge-nya maupun tentang cara mendapatkan produk tersebut, baik dari produsn langsung maupun melalui penjualnya, seperti supplier, grosir, toko dan sebagainya. Keuntungan dari pihak pemasar mereka dengan mudah didatangi oleh orang-orang yang memang sedang mencari dan membutuhkan produknya.

e. Kemampuan Konversi Instan.
Konversi instan merupakan kemampuan untuk mengubah pelanggan secara cepat. Ketika kita memasarkan online, kita tidak hanya menjaring informasi pelanggan potensial, tetapi kita dapat mengambil penjualan seketika dengan melakukan beberapa klik mouse.

3. Keuntungan Pemasaran Online
a. Organisasi lebih mudah dan sederhana.
Kita tidak perlu memajang barang secara fisik, cukup menyediakan katalog atau daftar barang serta deskripsi singkat mengenai masingmasing barang tersebut. Kita juga tidak perlu memiliki banyak karyawan penjual, kita hanya perlu karyawan yang menangai pemesanan secara online dan karyawan yang menangani pengiriman barang.
b. Kemudahan mengelola barang.
JIka kita menjual barang secara online dengan menggunakan website sendiri, sistem manajemen website menyediakan sistem pengelolaan barang dan pergudangan. Kita dapat dengan mudah melihat stok barang. Kita juga dapat menjual barang berdasarkan pesanan. Hal ini akan mempermudah kita mengelola barang dagangan.

c. Pelayanan lebih fokus.
Kita tidak perlu khawatir bahwa banyak pelanggan yang tidak terlayani. Sistem komputer akan menampung semua pesanan. Kita hanya perlu melayani pelanggan yang akan melakukan pembelian.

d. Riset pasar lebih mudah.
Berjualan melalui website membantu kita melakukan riset pasar mengenai produk-produk yang banyak diminati misalnya dengan melihat kata kunci yang mereka cari di-website Anda. Hal ini akan membantu Anda merencanakan strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan.

e. Biaya pemasaran murah.
Biaya pemasaran di internet relatif sangat murah. Pemasaran dapat dilakukan dengan memajang produk di website sendiri atau di website pihak lain melalui agen pemasaran online. Kita bahkan dapat memanfaatkan website atau blog secara gratis di website-website tertentu.

f. Kemudahan memilih target pasar.
Kita dapat memawarkan produk kepada komunitas tertentu melalui forum atau media sosial. Kita juga dapat memasang iklan secara gratis atau berbayar dengan kata kunci tertentu. Hal ini membantu kita memilih target pasar yang potensial.

g. Tidak terbatas ruang dan waktu.
Internet tersedia untuk diakses setiap saat. Pelanggan dapat mengunjungi website tempat kita memasarkan produk Anda kapanpun dan dimanapun selama mereka mendapatkan akses internet.

4. Komponen Pemasaran Online
a.Content Marketing
b.Search Engine Marketing
c.Email Marketing
d.Online Public Relations
e.Social Media Marketing
f.Online Advertising
g.Website
h.Conversion

Sumber :
Endar Nirmala, S.Kom, MT, 2013, Pemasaran online, Kemdikbud

Post Metadata

Date
Desember 17th, 2015

Author
admin

Category


Leave a Reply